Penulis Gre Publishing Terpilih dalam Program SAGUSABU Perpusnas 2019

Rismar Riansih, S.Pd, Guru SMAN 1 Lahat Sumatera Selatan, yang beberapa waktu lalu menerbitkan buku “Easy English XII” di Gre Publishing terpilih menjadi peserta Perpusnas Expo IGI “Satu Guru Satu Buku”2019 yang dihelat oleh Perpustakaan Nasional Indonesia, 16-19 September 2019.

Perpusnas Expo IGI adalah kegiatan kolaborasi Perpusnas dan IGI di bidang Literasi melalui kanal Sagusaku. Kegiatan ini melibatkan 1000 guru dan siswa dari seluruh Indonesia yang sudah menghasilkan karya buku. Mereka dihadirkan untuk mengikuti gelora literasi yang akan membangkitkan selera menulis dan membaca yang selama ini belum bersemayam di jiwa, belum menjadi sebuah kebutuhan, belum menjadi santapan lezat yang menggiurkan. Dalam Perpunas Expo IGI ini, sagusaku akan meramu literasi menjadi kebutuhan sehari-hari.

Talkshow yang melibatkan para pejabat negeri, motivasi pendidikan berskala nasional, fun literasi dengan public figur, juga tampilan spektakuler dari berbagai penulis negeri, akan menghanyutkan semua yang hadir dalam kenyamanan berliterasi.

Bu Rismar bersama Penulis Kawakan Indonesia Helvi Tiana Rosa

Uniknya kegiatan ini, setiap siswa dan guru bukan hanya dituntut untuk menghasilkan karya, tapi juga karyanya akan diluncurkan pada Hardiknas 2020 di Perpusnas RI. Selain itu, mendapat bonus diklat menulis dan mengelola perpustakaan secara milenial yang dapat dijangkau dan dipantau dari kejauhan.

Artinya kegiatan ini akan menjadikan setiap individu (dalam hal ini guru dan siswa), haus akan ilmu pengetahuan. Paradigma perpustakaan generasi millennial ini dicirikan adanya masyarakat pembelajar yang selalu berinteraksi dengan internet dimanapun dan kapanpun membutuhkan informasi. Jadi layanan perpustakaan yang masih “jadul” harus diubah agar mampu mengakomodasi perubahan perilaku warga sekolah dalam mengakses informasi.

Kemajuan Iptek dimanfaatkan IGI dengan menulis menggunakan smartphone. Jadi, setiap kegiatan sagusaku IGI langsung digarap dan menghasilkan karya buku.

Harapannya setelah kegiatan ini, perpustakaan sekolah tak lagi mati suri, harus “bangkit” untuk memberikan kualitas dan pelayanan prima, sehingga menjadi tujuan utama setiap warga untuk berinovasi, menggali informasi terbaru secara digital di era milenial sehingga menghasilkan generasi yang handal dan selalu menghasilkan tulisan.

Perpustakaan Nasional RI dan Ikatan Guru Indonesia (IGI) menggelar kegiatan Satu Guru Satu Buku atau “Sagusaku” dalam rangkaian kegiatan Perpusnas Expo 2019. Melalui program ini, sebanyak seribu guru akan menulis satu buku. Seluruh buku akan diluncurkan pada Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada 2 Mei 2020. Buku hasil karya dari para guru ini membuat mereka menjadi lebih kompeten dalam bidangnya.

Sumber Berita:

  • https://www.facebook.com/rismar.tandjung.7?__tn__=%2CdC-R-R&eid=ARB3TWe7WrFu0pQX8lLzPfCPZ9RwLC-XS2Y53J95GCd-in8vFGGkTOqwjbrW6re3sQS3pglS8hvI1yeY&hc_ref=ARQvfK8CCicX5bf9TFgFkN5lV5ovPn2T76w4FoZLfDjxYgcBwUqPkduITbk4-ulSnJQ&fref=nf
  • https://www.perpusnas.go.id/news-detail.php?lang=id&id=1909201109192WBXoPFsS9
  • https://www.igi.or.id/perpusnas-expo-igi-sagusaku-eksis-1000-penulis.html

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*