BUKU “HIKAYAT TANJUANG ALAM” DILUNCURKAN ANGGOTA DPD RI, IBU HJ. EMMA YOHANNA

Sebuah buku berjudul “Hikayat Tanjuang Alam: Warih nan Bajawek, Pusako nan Batarimo” diluncurkan oleh Anggota DPD RI, Ibu Hj. Emma Yohanna tanggal 27 Desember 2018 di Tanjung Alam. Buku yang ditulis oleh Efri Yoni Baikoeni, S.S., M.A. dan Dr. Elfitra Baikoeni, M.Si. tersebut diluncurkan bersamaan dengan kegiatan Pulang Basamo Perantau Tanjuang Alam yang diikuti sekitar 150 orang perantau dari berbagai daerah di Indonesia bahkan mancanegara seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Peluncuran buku ditandai dengan penandatanganan piagam peluncuran buku yang disaksikan wakil pemerintah, tokoh masyarakat, pemuda dan perantau Tanjung Alam.

Dalam sambutannya, Anggota DPD RI tersebut menyampaikan apresiasinya atas terbitnya buku tersebut sebagai bentuk kepedulian intelektual terhadap tanah kelahirannya. Tidak banyak, kalau tidak dikatakan nihil, buku sejarah yang menarasikan sebuah kampung kecil seperti Tanjuang Alam, karena biasanya buku sejarah lebih banyak menyorot dinamika sebuah kota atau propinsi. Selain mendeskripsikan sejarah dan perkembangan masyarakat, buku tersebut juga banyak bertutur profil tokoh Tanjuang Alam dari lintas generasi yang dinilai inspiratif karena dapat memotivasi khususnya Generasi Millenial. Oleh karena itu, buku tersebut patut dibaca tidak hanya bagi warga Tanjuang Alam, namun juga oleh masyarakat berbagai kalangan termasuk perantau Minang karena dengan membaca buku setebal 563 halaman tersebut, dapat diketahui betapa kuatnya perjuangan para perantau Tanjuang Alam dalam meraih sukses di berbagai daerah. Untuk lebih memaksimalkan manfaat buku tersebut, disarankan untuk menyelenggarakan bedah buku sehingga masyarakat lebih mudah memahami selain memotivasi pembaca memetik manfaat dan hikmah yang tersaji dari buku tersebut.

Usai diluncurkan, Anggota DPD RI, Ibu Hj. Emma Yohanna kemudian menyerahkan cendera mata kepada penulis yang diterima oleh Dr. Elfitra Baikoeni, M.Si. Tidak hanya itu, buku tersebut kemudian dibagikan secara simbolis kepada beberapa unsur masyarakat Tanjuang Alam yang diserahkan oleh Bapak H. Hariadi, BE mewakili sponsor.

Sebagai apresiasi atas terbitnya buku tersebut, telah diselenggarakan bedah buku “Hikayat Tanjuang Alam” tanggal 29 Desember 2018 dengan menghadirkan Dr. Zulfardi Darussalam selaku akademisi dan Efri Yoni Baikoeni sebagai penulis. Dalam presentasinya, akademisi pada Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) tersebut antara lain menyatakan bahwa buku tersebut tidak hanya dapat meningkatkan literasi masyarakat namun juga mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal. Karena itu, direkomendasikan Jorong Tanjuang Alam dapat dijadikan sebagi pelopor kampung literasi di Kabupaten Agam.

Penulis buku Efri Yoni Baikoeni, S.S., M.A. saat ini bekerja sebagai dosen Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker) di Jakarta, sedangkan Dr. Elfitra Baikoeni, M.Si. adalah dosen Sosiologi pada Universitas Andalas, Padang. Pemesanan buku “Hikayat Tanjuang Alam” dapat menghubungi nomor WA: 081261885902.

Bukittinggi, 29 Desember 2018

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*