Resensi Buku “Meraih Mimpi Ke Luar Negeri” Oleh Efri Yoni Baikoeni

 

Timlink.news – Jakarta, Buku ini bercerita mengenai geliat perantau atau diaspora Indonesia di Brunei dalam beragam profesi. Pesan yang disampaikan penulis adalah bahwa banyak orang salah kaprah menganggap merantau ke Brunei selalu identik jadi pembantu rumah tangga atau buruh kasar (Blue Collar). Meski faktanya pekerja kerah biru (Blue Collar) Indonesia cukup dominan, namun sebetulnya cukup banyak warga Indonesia yang berhasil masuk ke dalam sektor strategis dengan kondisi yang lebih terhormat (White Collar).

Dari kisah sukses ini setidaknya terdapat 43 profesi yang digeluti warga Indonesia di luar jabatan “main stream” seperti dosen, diplomat, local staff , pustakawati, guru umum, guru agama, guru Al Qur’an, penghafal Al Quran (hafiz), qari, pelatih olahraga, tukang jahit, musisi, tenaga ahli perminyakan, perikanan, ahli bahasa, sejarahwan, pakar Hukum Islam, promotor kecantikan, penyedia jasa pelaminan/pernikahan, sopir, tukang bakso, pengusaha, siswa, mahasiswa, pengusaha sate, designer struktur lepas pantai, penjual jamu, kontraktor, dokter hewan, juru rawat, konsultan IT, pengusaha restoran, penari, manager SDM, arsitektur, cameraman, sutradara, chef, ibu rumah tangga, penulis dan lainnya.

Sebanyak 71 kisah yang ditampilkan dalam buku ini disusun penulisnya setelah melakukan wawancara langsung dengan persona terkait dan juga melalui tinjauan pustaka. Kisah sukses mereka disusun secara kronologis yang diawali sosok Awang Sukip dan Haji Braitno Bin Mangodia yang dibawa peruntungan dari Tanah Jawa ke Brunei sebagai romusha Jepang. Kisah sukses penutup menceritakan geliat mahasiswa Indonesia yang  “bertungkus lumus” mendapatkan beasiswa untuk meraih ilmu.

Menurut penulisnya bahwa para perantau itu tidak saja mengangkat harkat dan martabat keluarga mereka namun juga telah berkiprah bahkan memberi dampak positif kepada pembangunan Brunei dan pembinaan persahabatan antara masyarakat kedua negara. Dari kisah sosok yang ditampilkan dalam buku ini, semoga dapat dipetik hikmah tidak hanya cara meraih sukses namun bagaimana mengelola kesuksesan dengan cara yang positif.

Penulis buku yang diterbitkan Gre-Publishing di Jogyakarta ini, Efri Yoni Baikoeni merupakan seorang Doctoral Candidate pada Universiti Brinei Darussalam (UBD) setelah sebelumnya mengambil MA di universitas yang sama. Pria Minang ini sebelumnya pernah bekerja sebagai staf lokal KBRI Bandar Seri Bagawan sejak tahun 1999 sampai 2011. Buku ini dijual seharga Rp. 65.000 perbuah melalui penjualan secara langsung. kisah di buku ini menjadi sajian bacaan motivasi yang segar. Menarik dan direkomendasikan. (DNZ)

 

 

Sumber: