Panduan Pembekalan Pra Nikah

Judul: Panduan Pembekalan Pra Nikah

Penulis: Forum Komunikasi Istri Karyawan PT. Semen Padang

Tebal: 143 halaman

Harga: Gratis (terbatas)

Sinopsis:

Idealnya, setiap calon pengantin harus diberikan pembekalan mengenai bagaimana menjalani kehidupan berumah-tangga, sehingga pada saat mereka akan memasuki gerbang perkawinan, mereka telah siap untuk menjalankan tugas dan tanggung-jawabnya, baik sebagai suami/istri dari pasangannya, orangtua dari anak-anaknya dan menantu/ipar bagi keluarga suami/istrinya.

Pembekalan semacam itu dapat diberikan oleh orangtua berdasarkan pengalaman dalam membina rumah-tangganya, kantor KUA sebagai lembaga resmi yang melayani masalah perkawinan dan juga masyarakat.

Namun, dalam kenyataannya, tidak semua orangtua mampu memberikan pengetahuan yang memadai, mungkin karena terbatasnya kemampuan, komunikasi yang kurang baik dengan anak atau faktor-faktor lainnya. Kantor KUA pun nampaknya belum banyak berperan untuk membekali calon pengantin dengan pengetahuan mengenai kehidupan berumah tangga. Di tengah masyarakat awam, terutama yang berada di Sumatera Barat, belum tersedia suatu wadah yang bertujuan untuk memberikan pembekalan semacam itu. Kegiatan Paket Pembekalan Pranikah yang diadakan oleh Forum Komunikasi Istri Karyawan Semen Padang (FKIKSP) kami pandang dapat mengisi kekosongan tersebut.