Otobiografi Syeikh Ahmad Khatib Al Minangkabawy:Dari Minangkabau untuk Dunia Islam

depan

Judul:

Otobiografi Syeikh Ahmad Khatib Al Minangkabawi: Dari Minangkabau untuk Dunia Islam

Penulis:

Syeikh Ahmad Khatib Al Minangkabawi

Tebal:

170 halaman

Harga:

Rp. 50.000,-

Sinopsis:

Syeikh Ahmad Khatib al-Minangkabawi merupakan satu di antara ulama besar tersebut yang telah berjasa besar untuk umat Islam khususnya bagi Nusantara. Ribuan ulama dari berbagai negara datang dan menimba ilmu kepada ulama Minangkabau yang lahir pada tahun 1860 M tersebut. Berbagai karya tulis beliaupun dipelajari dan dikaji banyak orang.
Bagi masyarakat Nusantara, jasa Syeikh Ahmad Khatib sangat luar biasa dan mengharumkan bumi Nusantara. Meskipun bukan berasal dari keturunan Arab, namun ilmunya sangat luas dan mendalam hingga dipercaya untuk mengajar sekaligus menjadi Khatib di Masjidil Haram, Mekkah.
Walaupun tidak pernah kembali ke bumi Nusantara, tapi ide-ide pembaharuan dan nilai-nilai keilmuwan beliau menyebar dan mengakar di bumi Nusantara melalui murid-muridnya. Hasyim Asyari pendiri NU, KH Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah, Sulaiman Arrasuli, pendiri MTI (Madrasah Tarbiyah Islamiyah) atau PERTI (Persatuan Tarbiyah Islamiyah) adalah sedikit nama dari ratusan murid beliau yang membawa perubahan di negerinya.
Tokoh-tokoh nasional yang berasal dari Sumatera Barat tidak lepas dari peran Syeikh Ahmad Khatib dan murid-muridnya. Sebelum Indonesia merdeka, para murid Syeikh Ahmad Khatib telah mendirikan berbagai lembaga pendidikan dan sekolah dengan sistem yang lebih modern di Minangkabau, seperti Adabiyah di Padang – yang didirikan oleh DR. Abdullah Ahmad – yang dianggap sebagai sekolah modern pertama di Indonesia. Pendiri Adabiah ini menimba ilmu kepada Syeikh Ahmad Khatib selama lima tahun di Masjidil Haram, Mekkah. Kemudian Syeikh Djamil Jambek – yang merupakan guru Bung Hatta – juga menimba ilmu kepada Syeikh Ahmad Khatib.